Kerajinan Bahan Limbah Keras semester 2 #8

 2. Kerajinan Bahan Limbah Keras Anorganik
Limbah keras anorganik yang dapat didaur ulang yaitu plastik, pecahan keramik, pecahan kaca, dan potongan logam. Limbah- limbah keras anorganik dapat dipilah-pilah sesuai kebutuhan. Jika dinilai tidak layak pakai, limbah keras dapat dimusnahkan dengan cara peleburan.
Sejak dahulu masyarakat Indonesia telah menggunakan produk kerajinan sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan hidup  sehari-hari, dari mulai kebutuhan hidup sehari-hari, rumah tangga hingga hanya  sekedar kebutuhan penghias rumah/kantor. Berdasarkan pengamatan kebutuhan tersebut maka kerajinan dari bahan dasar limbah keras dapat dibuat dengan berbagai bentuk dan fungsinya.

a. Kerajinan Limbah Plastik
Jika diperhatikan, daerah perkotaan sebagai kawasan pusat kegiatan masyarakat, banyak dijumpai industri perdagangan yang menghasilkan limbah plastik. Bengkel mobil atau motor menghasilkan limbah dirigen, botol oli, dan lainnya yang wujudnya beraneka ragam dengan sifat yang keras. Jika diperhatikan, orang berjualan di tepi jalan juga menghasilkan limbah plastik. Di tempat pembuangan sampah banyak pula barang-barang rumah tangga yang terbuat dari plastik seperti kursi, meja, baskom, dan ember. Alangkah baik nya  jika plastik-plastik tersebut dimanfaatkan menjadi karya ke rajinan.
Limbah plastik dapat dibuat menjadi benda kerajinan dengan sedikit ketekunan. Kegiatan mengolah limbah plastik lebih mudah dibanding benda keras lainnya. Limbah ini cukup dibersihkan saja, kemudian bisa dibentuk menjadi produk kerajinan. Selain mudah didapat, limbah plastik ini mudah dibentuk dengan alat sederhana seperti gunting atau pisau kertas. Untuk memperindah produk, pengrajin plastik kadang memberi warna dengan menggunakan cat minyak, dapat pula dengan warna semprot untuk membuat karyanya lebih menarik.

1) Bahan pembuatan kerajinan limbah plastik
Bahan pembuatan kerajinan bahan keras limbah plastikterdiri atas aneka plastik dengan kekerasan tertentu, cat semprot, dan lem tembak.

2) Alat pembuatan kerajinan limbah plastik 
Alat pembuatan kerajinan bahan keras  limbah plastik terdiri dari gunting, lem tembak, cutter, dan solder.

3) Produk kerajinan dari limbah plastik 
Berbagai bentuk dapat di buat dari limbah-limbah plastik  menjadi bentuk baru dengan nilai tambah di dalamnya. Produk kerajinan tersebut berupa aneka perabotan rumahtangga, hiasan interior, vas, kap lampu, maupun bentuk baru berupa mainan anak baik laki-laki maupun perempuan,  antara lain, kendaraan, senjata, mainan masak-masakan, dan boneka.

Hasil gambar untuk produk kerajinan dari bahan limbah plastik  Hasil gambar untuk produk kerajinan dari bahan limbah plastik   Hasil gambar untuk produk kerajinan dari bahan limbah plastik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

A. Prinsip Kerajinan Bahan Keras

Kerajinan Bahan Limbah Keras semester 2 #9

BAB 1: KERAJINAN ALAM